Tuesday, June 26, 2012

Software deteksi foto asli atau palsu (JPEGSnoop)

Sekarang banyak sekali anak-anak muda yang sangat ahli mengedit suatu foto sehingga dengan tidak dapat dibedakan suatu foto asli atau palsu, Jadi kita bisa menggunakan software JPEGsnoop untuk menebak foto itu asli atau palsu
      Sobat-sobat udah menganal Roy Suryo, ya minimal tahu lah. Pakar telematika indonesia yang selalu dicari media masa untuk menentukan foto artis yang Bugil itu asli atau palsu. Dengan itu nama Roy Suryo semakin terkenal, Sebenarnya Saya Bisa mengetauhi foto itu asli atau editan,
Ini Contoh Gambar yang saya ambil dari internet dan ada penjelasan software yang digunakan untuk mengedit Foto Dibawah ini:
 Disini ada keterangaan: tanggal dan software untuk mengedit foto tersebut.


Untuk memulainya, silahkan jalankan JPEG Snoop dan klik Open kemudian bukalah file gambar yang diinginkan dan lihatlah hasilnya. Ternyata, JPEG Snoop memberikan serangkaian informasi dan di akhir informasinya tersebut JPEG Snoop memberikan sebuah informasi yang bertuliskan “Assessment : Class 1 – Image is processed/edited”. Apakah maksud dari tulisan tersebut? Berikut penjelasannya :
  • Class 1 : File gambar bisa dipastikan pernah diedit.
  • Class 2 : File kemungkinan besar pernah diedit.
  • Class 3 : Kemungkinan besar asli.
  • Class 4 : Gambar bisa dianggap asli.

Beberapa Tips dalam Menggunakan JPEGsnoop
Tips 1 :
Buka sebuah foto dalam JPEGsnoop untuk menampilkan semua data yang ditemukan secara rinci, informasi, seperti apakah foto telah diedit dan dengan editor apa foto tersebut telah diproses dapat anda temukan di bagian akhir dengan label “Searching Compression Signatures”.
Tips 2 :
JPEGsnoop memiliki sebuah database lengkap berisi berbagai model kamera. Anda pun dapat menambahkan model kamera tertentu yang belum ada pada database-nya. Load sebuah foto yang dibuat dengan kamera tersebut ke dalam program dan pilih “Add Camera/SW to DB”.
Tips 3 :
Program ini pun dapat menganalisis file AVI bila memakai format MPEG. Untuk itu, pilih “File > Open Image” dan ganti “File Type” ke “AVI”. Selanjutnya, klik pada “Tools > Image Search FWD”.
Aplikasi JPEGsnoop ini cukup kecil, kapasitasnya sekitar 1,3 MB dan diantaranya bersifat portable atau bisa langsung digunakan tanpa perlu instalasi lagi, dan bisa dijalankan di semua sistem operasi (OS) : Windows 2000/XP/Vista.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di postingan saya kali ini. Silahkan datang kembali pada post-post saya berikutnya ^_^

Click This Widget