Thursday, May 24, 2012

FACEBOOK - Kata Sandi Sekali Pakai

Sekarang saya akan membahas tentang kata sandi sekali pakai di Facebook. Tujuannya adalah agar akun Facebook kita aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Berikut adalah definisi, info, dan kegunaannya:

Apakah kata sandi sekali pakai?
Kata sandi sekali pakai adalah fitur keamanan pilihan yang dapat melindungi keamanan akun Anda saat Anda masuk ke Facebook dari komputer umum, misalnya warnet. Untuk menerima kata sandi sekali pakai, kirim SMS ke 32665 dengan pesan "otp". Facebook akan membalas dengan kata sandi sementara 8 karakter yang unik. Kata sandi sekali pakai berlaku selama 20 menit dan tidak dapat digunakan kembali.



Kapan sebaiknya kata sandi sekali pakai digunakan?
Facebook menyarankan untuk menggunakan kata sandi sekali pakai setiap kali Anda menggunakan komputer umum untuk mengakses akun Facebook Anda, misalnya di perpustakaan atau kafe Internet, sebab komputer umum kadang-kadang dibobol perangkat lunak berbahaya, seperti keylogger. Anda dapat meminta kata sandi sekali pakai setiap saat Anda merasa tidak nyaman memasukkan informasi kata sandi ke Facebook.

Bagaimana cara mendapatkan kata sandi sekali pakai?
Untuk no HP yang sudah di konfirmasi atau terdaftar di akun Facebook Kita:
Untuk mendapatkan kata sandi sekali, kirim SMS dengan huruf "otp" ke 32665. Facebook akan mengirimkan kode 8 karakter yang dapat Anda gunakan sekali saja untuk mendapatkan akses ke akun Anda. Masukkan kode ini ke form kata sandi di halaman login, bersama dengan alamat email masuk Anda. Harap diingat bahwa kode ini akan kedaluwarsa 20 menit setelah dikirim.
Jika Anda tidak memiliki nomor ponsel yang sudah dikonfirmasi pada akun Anda:
Gunakan ponsel Anda untuk mengirim SMS dengan huruf "otp" ke 32665. Ketika Facebook menerima SMS ini, Facebook akan mengirimi Anda email meminta Anda untuk mengonfirmasi nomor ponsel Anda. Setelah melakukan ini, Anda akan menerima kode 8 karakter sementara yang akan berfungsi sebagai kata sandi sekali pakai untuk akun Anda.

Operator seluler yang mendukung Kata Sandi Sekali Pakai Facebook di Indonesia:

    3
    AXIS
    Telkomsel
    Bakrie Telecom (Esia)
    PT Exelcomindo Pratama


Jadi, Anda tidak usah khawatir dengan keylogger yang sudah terpasang di tempat publik seperti warnet.. :)
Dan yang lebih baik lagi, kata sandi ini hanya berlaku 20 menit. Apabila sudah lebih, maka tidak bisa dipakai lagi kata sandinya.

Kata sandi sekali pakai hanyalah sementara, bukan Anda sms dan Facebook mengganti.

Semoga berguna..
Thanks Facebook.. ^_^

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di postingan saya kali ini. Silahkan datang kembali pada post-post saya berikutnya ^_^

Click This Widget