Thursday, June 14, 2012

Daya Tampung SNMPTN 2012 Bertambah 10%

JAKARTA - Kabar gembira bagi para peserta ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Pasalnya, seluruh rektor dari berbagai PTN di Nusantara sepakat untuk menambah daya tampung ujian tulis SNMPTN 2012 sebesar 10 persen atau sekira 15-16 ribu kursi secara nasional.

"Kami mengadakan pertemuan dengan seluruh rektor di Indonesia dan kami sepakat untuk menambah daya tampung ujian tulis SNMPTN kurang lebih 10 persen," kata Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Senin (11/6/2012).

Mengenai jumlah pasti, lanjut Akhmaloka, belum dapat dikonfirmasi karena masih ada kemungkinan untuk terus berubah-ubah. "Masih harus didata program studi (prodi) yang akan ditambah daya tampungnya di tiap PTN. Sehingga jumlahnya masih belum bisa dipastikan," ujar dia, yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membenarkan adanya penambahan daya tampung di PTN tersebut. "Penambahan 10 persen tersebut adalah perhitungan secara nasional. Karena ada PTN yg bisa lebih atau kurang dari 10 persen. Diagregatkan secara nasional 10 persen," ungkap M Nuh.

M Nuh menyebut, penambahan daya tampung SNMPTN jalur tulis diakibatkan karena meningkatnya jumlah pendaftar. "Kalau jumlah daya tampung diturunkan pasti banyak yang protes. Maka, melihat jumlah pendaftar yang meningkat, daya tampung pun ditambah," tuturnya.

Tahun ini jumlah pendaftar jalur tulis SNMPTN sebanyak 618.804 orang. Jumlah ini meningkat 14 persen dari tahun lalu. Sementara daya tampung yang disediakan oleh 61 PTN se-Nusantara hanya 164.697 kursi.

"Penambahan sekira 16.500 kursi tentu akan meningkatkan probabilitas para peserta SNMPTN untuk masuk PTN. Sementara sekira 500 ribu yang belum lolos dapat mencoba di jalur mandiri maupun perguruan tinggi swasta (PTS)," kata mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya tersebut. (rhs)

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di postingan saya kali ini. Silahkan datang kembali pada post-post saya berikutnya ^_^

Click This Widget